20 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Seorang Perawat (Bag. 1) - SMK Kesehatan SDM

Post Top Ad

20 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Seorang Perawat (Bag. 1)

Share This

Apakah kamu bercita-cita untuk berkarir di bidang keperawatan? Menjadi seorang perawat? Perawat adalah pekerjaan yang mulia, tidak semua orang mau dan mampu merawat orang yang sedang sakit lho, bahkan keluarga kita sendiri. Oleh karena itulah pekerjaan seorang perawat sangat dibutuhkan.

Lebih lengkapnya silahkan kalian baca saja 20 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Seorang Perawat Bagian Pertama di bawah ini untuk mengetahui mengapa karir keperawatan sangat bermanfaat. Oya, artikel berikut memang bukan berdasarkan riset yang dilakukan terhadap kehidupan para perawat di Indonesia tetapi di AS sana. Mungkin artikel berikutnya akan berdasarkan survey terhadap perawat di Indonesia.
1. Lapangan Kerja yang Terbuka Luas.
Semakin bertambahnya populasi penduduk tentu saja permintaan akan tenaga medis profesional pun menjadi bertambah karena kebutuhan akan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Idealnya sih, di Indonesia setiap kecamatan memiliki satu rumah sakit (RS) agar semakin membuka lapangan kerja bagi para lulusan pendidikan keperawatan.


2. Gaji yang Tinggi.
Perawat sebenarnya dan (memang seharusnya) merupakan profesi dengan pendapatan gaji yang tinggi. Seperti disebutkan di awal tulisan, tidak semua orang mau dan mampu merawat orang sakit ya kan? Memandikan pasien, memastikan asupan gizi pasien tercukupi, membantu pasien buang hajat sekaligus membersihkannya bukanlah hal sepele, bayangkan ini (maaf) feses orang lain lho yang harus dibersihkan...
Sebagai perbandingan, di AS perawat terdaftar (semacam telah memiliki STR/Surat Tanda Registrasi) rata-rata berpenghasilan lebih dari $ 52.000/tahun atau sekitar >Rp 520juta atau Rp 50juta-an per bulan, sementara untuk perawat yang lebih berpengalaman dan khusus (spesialis) berpenghasilan lebih dari $ 72.000/tahun. Di Indonesia?? :)

3. Lingkungan Kerja yang Beragam
Seorang perawat dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, masing-masing menawarkan lingkungan kerja yang unik. Misalnya, perawat dapat bekerja di sekolah atau instansi pendidikan sebagai pengajar, fasilitas perawatan rumah, instansi pemerintah, dan sebagainya.

4. Jadwal Fleksibel
Perawat dapat bekerja dalam jadwal yang fleksibel dan mengambil shift seperti yang diinginkan. Pergeseran adalah antara 4 sampai 12 jam sehari, sehingga seorang perawat mempunyai cukup waktu untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti bekerja sampingan sebagai pengajar, menempuh pendidikan kembali, dsb.
 
5. Membuat Perubahan
Sebagai seorang perawat , kamu memiliki kesempatan besar unutk membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia. Tak sedikit, seorang perawat yang begitu peduli, berdedikasi dan penuh kasih merawat dianggap sebagai malaikat penyelamat oleh pasien.
 
6. Mengasah Keterampilan Interpersonal
Sebagai seorang perawat, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan pasien, staf medis, dokter dan administrator setiap hari. Ini tentu saja kesempatan yang baik untuk belajar dari profesi lainnya di tempat kerja sekaligus menambah pengetahuan kamu dan mengasah keterampilan interpersonal.

7. Dinamis
Banyak tantangan yang akan kamu hadapi saat menjadi seorang perawat. Berbagai tingkah laku pasien yang aneh, akan mengasah kemampuan kalian dalam menangani dan berinteraksi dengan orang lain.

8. Peningkatan Karir
Menjadi perawat juga memungkinkan kamu untuk meningkatkan karir. Kamu bisa saja untuk mengambil peran yang lebih besar, menjadi kepala perawat di suatu RS, kepala jurusan Perawat di institusi pendidikan, staff ahli kesehatan di lembaga pemerintahan, dsb. Tentunya dengan didukung kompetensi diri kalian yang semakin berkualitas.

9. Peningkatan Kompetensi Diri
Kamu mungkin tertarik untuk mengambil spesialisasi perawatan kesehatan yang lebih baik sesuai dengan minat kamu sendiri. Misalnya, jika kamu suka anak-anak, kamu bisa memilih untuk bekerja di departemen pediatri. Jika kamu suka berada membantu dan menangani kasus-kasus traumatik seseorang/pasien, kamu dapat bekerja di ruang gawat darurat. Intinya kamu dapat memutuskan apa yang ingin dilakukan sesuai bakat dan minat kamu.

10. Kesempatan Bekerja di Luar Negeri
Tak dipungkiri saat ini bekerja sebagai perawat di Indonesia memang kurang men-sejahtera-kan, dan pilihan bekerja di luar negeri menjadi harapan banyak perawat untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak. Beberapa negara seperti China dan AS memang membuka lowongan kerja bagi perawat dari negara-negara lain termasuk dari Indonesia. Jika kamu ingin meniti karir sebagai perawat di luar negeri, belajarlah dari sekarang dengan sungguh-sungguh, selain kemampuan keperawatan kalian harus keren (baca: sangat terampil) juga harus didukung dengan kemampuan berbahasa asing yang baik pula, minimal mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

_____________________
*Artikel ini merupakan terjemahan bebas dari tulisan di situs http://nursinglink.monster.com/education/articles/311-20-reasons-why-you-should-be-a-nurse
*Ilustrasi foto dari photo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages