KLKI (Kunjungan Lingkungan Kerja dan Industri) T.P 2013/2014 - SMK Kesehatan SDM

Post Top Ad

KLKI (Kunjungan Lingkungan Kerja dan Industri) T.P 2013/2014

Share This

Sebagai bentuk pelaksanaan program kerja sekolah, beberapa waktu lalu tepatnya pada hari Selasa-Rabu, 25-26 Maret 2014 SMK Kesehatan SDM Sumedang melaksanakan KLKI (Kunjungan Lingkungan Kerja dan Industri) tahun 2014, terdiri dari 59 peserta didik dan 10 panitia & guru pembimbing.

Pada KLKI tahun ini, kami berkunjung ke 5 tempat, yaitu :
  1. Bandrek Hanjuang
  2. Museum Geologi
  3. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA)
  4. RSJ Cisarua
  5. Saung Angklung Udjo
Hari I

Selasa (25/04) berkunjung ke tempat produksi Bandrek Hanjuang di Cihanjuang, Cimahi. Bandrek Hanjuang sangat baik dijadikan tempat kunjungan industri, terutama bagi sekolah kami, disini kami bisa belajar bagaimana pemanfaatan simplisia untuk diolah menjadi produk siap saji (kuliner) yaitu bandrek dan bajigur.

Setelah sambutan singkat dari sekolah oleh Hj. Dewi Sugiarti, Dra., MM. selaku kepala SMK Kesehatan SDM Sumedang, selanjutnya para peserta KLKI mengikuti pemberian materi dari pihak Bandrek Hanjuang. Peserta didik kami sangat aktif dalam memberikan pertanyaan sehingga membuat suasana semakin menghangat.

Pemateri menyampaikan pula bahwa usaha Bandrek Hanjuang ini bukanlah sesuatu yang mudah. Beliau menceritakan bagaimana jatuh bangunnya perusahaan di masa-masa awal pendiriannya. Berkali-kali mengalami kegagalan, tetapi terus berusaha. Sebuah pesan bagi para peserta bahwasannya tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara mudah, butuh kerja keras dan konsistensi akan apa yang kita kerjakan. Semoga nilai-nilai ini bisa diaplikasikan oleh kita semua di kemudian hari.


Museum Geologi adalah salah satu tempat di Bandung yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, kami beruntung sekali bisa mengunjungi museum ini, tempat yang bagus dan cocok untuk mencari tahu sejarah di masa lampau.


Museum KAA adalah tempat yang paling bersejarah di Indonesia, peran Indonesia pada waktu itu sangat penting di mata dunia, dengan gagasan dari Bung Karno (Presiden pertama Republik Indonesia) yang menggagas KAA (Konferensi Asia-Afrika) agar dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Gedung Merdeka Bandung.


Hari II

Kami berkunjung ke RSJ Cisarua yang berlokasi di Cisarua. Rumah sakit ini berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, oleh sebab itu RSJ Cisarua dinamakan juga dengan RSJ Provinsi.


Tempat terakhir yang juga mengesankan adalah Saung Angklung Udjo. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mengenal Saung Ujo, karena tempat ini merupakan salah satu tempat yang konsisten melestarikan sekaligus mempopulerkan angklung baik di dalam negeri maupun sampai ke mancanegara, hingga akhirnya diakui oleh PBB sebagai salah satu warisan budaya dunia. Disini kami bisa belajar angklung dan kami bangga bisa menjadi orang Indonesia karena memiliki alat musik yang sangat bagus dan hanya dimiliki oleh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages